Saturday, January 4, 2014

Tips Merawat Payudara Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Tips Merawat Payudara Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui - Merawat payudara untuk ibu hamil dan menyusui sangatlah penting, selain untuk kesehatan tubuh merawat payudara ibu hamil juga bermanfaat untuk kesehatan buah hati seorang ibu, karena ketika sedang hamil wanita akan banyak mengalami perubahan pada bentuk tubuhnya. umumnya perubahan wanita hamil terkait dengan perubahan payudara, oleh karena itu sangat dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui untuk merawat payudaranya.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa harus melakukan perawatan payudara saat hamil? Jawabannya adalah karena ASI merupakan asupan gizi yang terbaik untuk anak kita. maka rawatlah payudara dari sekarang. Dan inilah manfaat jika Anda merawat payudara dengan baik :

  • Memiliki ASI yang lancar dan baik untuk buah hati
  • Puting menjadi lentur dan kuat
  • Terhindar dari berbagai macam penyakit
  • Payudara bersih dan steril untuk buah hati

cara merawat payudara ibu hamil dan menyusui

Jika anda mendapatkan manfaat karena merawat payudara seperti di atas, maka Anda juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan dan kelancaran payudara Anda saat menyusui buah hati. Dan ada cara lain agar puting payudara tetap terjaga kesehatannya. Berikut langkah-langkah untuk merawat puting susu :

Cara Merawat Payudara Saat Akan Menyusui



Siapkan handuk, baby oil ,dan kapas Letakkan handuk di bawah payudara Basahi kapas dengan baby oil. Kompres kedua puting susu dengan kapas tersebut selama sekitar 5 menit
Gosok-gosokkan kapas di sekitar puting susu untuk mengangkat kotoran, Lumuri kedua tangan dengan baby oil.

Untuk jenis puting susu yang normal (menonjol ke luar), gunakan ibu jari dan telunjuk yang sudah diolesi minyak, untuk membersihkannya dengan melakukan gerakan memutar ke arah dalam sebanyak 25 kali.ini bisa membantu meningkatkan elastisitas otot puting susu.
Untuk jenis puting susu yang datar atau masuk ke dalam, letakkan kedua telunjuk masing-masing di sebelah kiri dan kanan puting susu, lalu tekanlah perlahan, serta hentakkan tiba-tiba ke arah luar menjauhi puting susu. Setelah itu, letakkan lagi kedua telunjuk masing-masing di atas dan di bawah puting susu. Tekan lagi perlahan, lalu hentakkan tiba-tiba ke arah luar menjauhi puting susu. setelah itu baru ke tahap pemijatan.

Cara Pemijatan Payudara Ibu Saat Ingin Menyusui


Cara pertama: Tuangkan baby oil atau minyak zaitun ke telapak tangan Anda. Letakkan kedua telapak tangan di antara kedua belah payudara, kemudian pijatlah mulai dari atas, ke samping luar, ke bawah, lalu menuju puting susu, sambil mengangkat payudara perlahan dan melepaskannya perlahan pula. Lakukan sebanyak 25 kali.

Cara kedua: Topang payudara sebelah kiri dengan telapak tangan kiri sedangkan tangan kanan dengan sisi kelingking mengurut payudara mulai dari pangkal dada ke arah puting susu. Lakukan hal yang sama dengan payudara sebelah kanan, masing-masing 25 kali.

Cara ketiga : Topang payudara kiri dengan tangan kiri. Gunakan 3 jari tangan kanan untuk membuat gerakan memutar sambil menekan, mulai dari pangkal dada dan berakhir pada puting susu. Lakukan hal yang sama dengan payudara sebelah kanan, masing-masing 2 kali. berlanjut ke tahap pengompresan.
Baca juga : Teknik Ampuh Memijat Payudara Yang Baik Dan Benar

Cara Pengompresan Payudara Ibu Menyusui


Pengompresan Payudara :
Kompreslah kedua belah payudara dengan kain waslap hangat selama sekitar 3 menit, kemudian diteruskan dengan kain waslap dingin sekitar 3 menit lagi. Gunakan waslap yang terakhir untuk membersihkan payudara dari minyak zaitun/jbaby oil bekas pemijatan.

Saya sarankan agar tidak memijat payudara dengan menggunakan lotion, karena akan sangat bahaya ketika sisa lotion tidak hilang saat bayi sedang di berikan ASI. Cukup sekian tips mengenai Cara merawat payudara untuk ibu hamil dan menyusui.

Baca juga : Cara Mudah Memperbesar Payudara Secara Alami

No comments:

Post a Comment